http://www.konstruksikolamterpal.com Wed, 09 May 2018 16:31:33 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.7 Contoh Dus Kemasan Untuk Olahan Ikan Lele http://www.konstruksikolamterpal.com/dus-kemasan-olahan-ikan-lele/ http://www.konstruksikolamterpal.com/dus-kemasan-olahan-ikan-lele/#comments Sun, 18 Feb 2018 04:20:44 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75442 Kemasan Olahan Ikan Lele – Kemasan / packaging produk diibaratkan pakaian seseorang, jika kita memandang pakaian yang dipakai seseorang itu bagus maka sugesti kita akan menyimpulkan kalau orang itu bernilai. Walaupun tidak semuanya seperti itu, bisa saja penampilannya yang menipu. Kita sekarang tidak membahas apakah harus untuk tampil baik atau buruk, namun untuk isi produk […]

The post Contoh Dus Kemasan Untuk Olahan Ikan Lele appeared first on .

]]>
Kemasan Olahan Ikan Lele – Kemasan / packaging produk diibaratkan pakaian seseorang, jika kita memandang pakaian yang dipakai seseorang itu bagus maka sugesti kita akan menyimpulkan kalau orang itu bernilai. Walaupun tidak semuanya seperti itu, bisa saja penampilannya yang menipu.

Kita sekarang tidak membahas apakah harus untuk tampil baik atau buruk, namun untuk isi produk saya rasa Anda sebagai pengelola usaha khususnya dibidang lele tentunya sudah memiliki resep sendiri sendiri untuk menyajikan olahan ikan lele yang lezat dan disukai banyak orang.

Nah, jika kalian sudah merasa hasil olahan ikan lele Anda sudah tergolong enak, kalian sudah mencobanya dan teman-teman kalian atau sebagian pelanggan kalian merasakan kelezatan hasil olahan ikan lele Anda, baik itu dijadikan Abon, sambel, kerupuk atau yang lainnya.

Tentu tidak ada salahnya dan mungkin bisa saya bilang sudah saatnya kalian mengemas produk Anda agar menjadi lebih menarik lagi sehingga bisa menambah minat para calon pembeli untuk memborong produk olahan lele kalian.

Oleh karena itu, kali ini kami akan menyampaikan desain dan contoh Aneka kemasan olahan ikan lele yang bisa Anda adopsi untuk dijadikan kemasan olahan ikan lele Anda.

Aneka Packaging / Kemasan Olahan Ikan Lele

  • Kemasan Ikan Lele Fillet

Ikan lele fillet sendiri adalah olahan ikan lele berupa 100% daging. Kulit, kepala, duri dan tulang-tulang dari ikan sudah dibuang dan hasilnya adalah daging 100% yang siap untuk digoreng atau dijadikan sajian lauk makanan yang gurih dan nikmat.

Olahan ikan fillet sendiri biasanya setelah diproses pemisahan antara daging dan tulang proses selanjutnya adalah pembekuan ikan yang bertujuan agar ikan yang dihasilkan masih segar / fresh dan bertahan lebih lama dari pembususkan.

Metode pengemasan produk ini adalah dengan terlebih dahulu di vacuum atau dikemas dengan cara mengosongkan udara di dalam kemasan, dan setelah itu dipacking plastik ataupun dus kemasan.

Berikut gambarnya kemasannya yang bisa Anda pakai :

kemasan lele fillet
Lele fillet vacuum
Lele fillet kemasan brand
Lele fillet kemasan yang sudah di branding
dus kemasan lele fillet
dus kemasan lele fillet yang sudah di branding

Baca Juga : Manisnya Budidaya Ikan Lele Serta Olahannya

  • Kemasan Abon Ikan Lele

Abon yang pada umumnya adalah berbahan dasar daging sapi, namun kali ini banyak bermunculan olahan abon selain dari daging sapi, salah satunya adalah abon yang terbuat dari daging ikan lele.

Abon ikan lele dari segi rasanya sendiri tidaklah kalah dari abon daging sapi. Rasa gurih dan nikmat akan menambah selera makan kalian, apalagi jika dipadukan dengan nasi hangat, dijamin deh rasanya pasti lebih nikmat.

Nah, jika kalian sering membuat olahan abon lele di rumah dengan lezat dan nikmat tidak ada salahnya jika Anda mulai untuk menjadikan ini sebagai produk anda untuk di jual secara umum.

Untuk kemasannya sendiri, abon lele ini bisa memakai botol berukuran kecil seperti botol selai ataupun kemasan yang berbahan plastik flexibel.

Berikut gambaran dari kemasan Abon yang sudah banyak di pakai :

kemasan abon lele
kemasan abon lele jenis Stand up pouch
Kemasan abon lele 1
Kemasan abon lele jenis botol
Kemasan abon lele
Kemasan abon lele model tabung
kemasan abon lele gantung
kemasan abon lele gantung
  • Kemasan Keripik/Kerupuk Ikan Lele

Selain dijadikan fillet dan abon, saat ini ikan lele juga bisa dijadikan olahan kerupuk atau keripik ikan yang rasanya renyah dan gurih di mulut.

Proses pembuatannya pun cukup mudah dan murah, langkah pertamanya adalah memisahkan antara daging dan duri-duri serta tulang. Kemudian di campur dengan adonan dan bumbu-bumbu. Setelah adonan jadi barulah adonan dikeringkan hingga kering. Setelah itu barulah digoreng hingga menjadi kerupuk.

Dan jangan membuang dari tulang ikan lele, karena tulangnya pun saat ini juga banyak digunakan menjadi kerupuk, caranya sama seperti kebanyakan pada umumnya dalam membuat kerupuk. Namun pada tulang ikan lele ini, kalian harus memproses dengan menggunakan panci presto, sehingga tulang bisa mnejadi lunak.

kemasan kerupuk ikan lele
kemasan kerupuk ikan lele
kemasan keripik lele
kemasan keripik lele stand up pouch

Nah, itulah aneka kemasan olahan ikan lele yang bisa kami jabarkan di sini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semuanya.

Aurapack.id Ahlinya Cetak Dus Kemasan

Kabar baiknya lagi, jika kalian ingin membuat produk olahan lele ini Anda bisa konsultasikan project kemasan anda pada Aurapack.id yang telah dipercaya untuk melayani pembuatan aneka kemasan produk-produk di Indoneisa, mulai dari cetak dus kemasan, stand up pouch, hingga kemasan fleksibel.

di Aurapack.id anda bisa memesannya cukup dengan minimal order di awal yaitu 1.000 kemasan, anda sudah mendapatkan kemasan yang menarik dan Anda pun bisa memberikan label / merek pada produk Anda.

The post Contoh Dus Kemasan Untuk Olahan Ikan Lele appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/dus-kemasan-olahan-ikan-lele/feed/ 3
Pakan Alternatif Ikan Lele Bagi Pembudidaya Lele http://www.konstruksikolamterpal.com/pakan-alternatif-ikan-lele-bagi-pembudidaya-lele/ http://www.konstruksikolamterpal.com/pakan-alternatif-ikan-lele-bagi-pembudidaya-lele/#respond Sat, 03 Dec 2016 20:02:08 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75180 Pakan Alternatif Ikan Lele – Ikan Lele merupakan salah satu ikan yang tergolong mudah dalam perawatan dan pembudidayaannya. Mulai dari pembuatan kolam ternak, pemberian pakan, hingga panen menjadi lebih ringan dan tidak memakan biaya yang terlalu besar. Sehingga keuntungan akan lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang dilakukan. Dengan maraknya produksi dan konsumsi Ikan Lele di […]

The post Pakan Alternatif Ikan Lele Bagi Pembudidaya Lele appeared first on .

]]>
Pakan Alternatif Ikan Lele – Ikan Lele merupakan salah satu ikan yang tergolong mudah dalam perawatan dan pembudidayaannya. Mulai dari pembuatan kolam ternak, pemberian pakan, hingga panen menjadi lebih ringan dan tidak memakan biaya yang terlalu besar. Sehingga keuntungan akan lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran yang dilakukan.

Dengan maraknya produksi dan konsumsi Ikan Lele di seluruh negeri, peternak tidak perlu takut jika mengalami kerugian. Pembudidayaan Ikan Lele tergolong fleksibel karena peminatnya sangat banyak di kalangan masyarakat. Ikan Lele dapat dimanfaatkan tidak hanya dagingnya untuk makanan utama (lauk) tetapi sangat pas untuk diolah menjadi olahan industri seperti makanan ringan dan kalengan.

Struktur daging yang lembut, manis dan tebal, serta tidak terlalu berbau seperti ikan air tawar pada umumnya menjadi keuntungan tersendiri. Beberapa restaurant dan hotel sering menggunakan ikan Lele sebagai salah satu masakan mewah yang dapat ditawarkan kepada pengunjung dan menarik minat warga asing.

Pakan Ikan Lele Tergolong Mudah!

Selain itu, jika dilihat dari pengolahan budidaya, ikan lele termasuk yang mudah untuk dibudidayakan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah keberhasilan dalam proses pemberian pakan. pakan alternatif ikan lele

Dalam hal pakan, ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan yang suka memakan apa saja dan fleksibel namun berprotein tinggi. Mulai dari memakan sesuatu yang kecil seperti plankton dan tumbuhan – tumbuhan hijau, sisa – sisa daging, ampas tahu, hingga limbah makanan rumah tangga.

Ikan Lele tergolong jenis ikan yang aktif, untuk itu peternak harus siap untuk memberi makan ikan ini 3 – 4 kali sehari, mulai dari pagi, siang, dan malam. Untuk pemberian pakan ini, waktu pagi dapat dilakukan antara jam 8 – 9, siang antara jam 1 – 2 dan malam pada jam antara 8 – 9.

Pemberian harus diberikan secara teratur, agar pertumbuhan Ikan Lele berlangsung dengan baik dan cepat. Namun selain itu, peternak juga harus memperhatikan kualitas air dengan menambahkan volume air jika air di kolam sudah berkurang namun tidak boleh sering – sering diganti.

Perlu diperhatikan pula pemerataan pertumbuhan ikan dengan melakukan penyortiran terhadap ikan – ikan berdasarkan pertumbuhan panjang badannya agar tidak terjadi diskriminasi dalam perebutan makanan, dan waspada pula terhadap hama dan bakteri yang walaupun Ikan Lele tidak termasuk jenis ikan yang rentan terhadap penyakit.

Pemberian pakan yang teratur akan berpengaruh terhadap percepatan pertumbuhan ikan sehingga masa panen juga akan lebih cepat, dan semakin kecil pula biaya pengeluaran untuk pembudidayaan ikan Lele ini. Semakin mahalnya pakan ikan tentu saja membuat para pembudidaya ikan lele harus memutar otak agar keuntungan tetap memuaskan. Salah satu caranya adalah dengan membuat pakan lele yang baik, mudah, dan murah namun tetap memenuhi kebutuhan pakan dan gizi ikan Lele hingga masa panen tiba.

Dalam pembuatan pakan, peternak ikan Lele biasanya menggunakan pakan buatan seperti pelet yang diproduksi oleh industri – industri untuk mencukupi asupan nutrisi pada ikan. Pelet bagus yaitu yang bergizi tinggi karena mengandung campuran dari berbagai macam tepung (terigu, ikan, tulang, daging) bungkil kedelai dan kelapa, mineral, dedak, minyak dan tambahan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan Lele.

Namun, penggunaan pelet tidak selalu baik dan menguntungkan. Ternyata Ikan lele tidak hanya memerlukan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, pakan alami juga penting! Sehingga ikan lele tidak mudah terjangkit oleh penyakit.

Selain itu, penggunaan pelet ternyata juga menjadi beban pengeluaran yang tinggi bagi peternak, jika dilihat dari banyaknya kebutuhan asupan nutrisi yang diperlukan ikan dan waktu pemberian pakan yang harus terjadwal dengan baik. Oleh karena itu, peternak harus memiliki langkah alternatif dalam membuat pakan alami dan bernutrisi bagi ikan setiap harinya yang tentu saja tidak memakan biaya yang tinggi.

Pakan Alternatif Ikan Lele

Berikut merupakan beberapa makanan alternatif yang direkomendasikan untuk digunakan oleh peternak ikan Lele dalam budidaya ikan lele :

  1. Kotoran Sapi

pakan-alternatif-ikan-lele-kotoran-sapi

Pakan lele dari kotoran sapi ini dapat di jadikan pakan alternatif yang murah, efektif dan efisien. Terlebih semakin mahalnya pakan pelet yang tersedia di toko – toko sehingga akan memperkecil pengeluaran.

Kotoran sapi yang dibuat untuk pakan bukanlah sembarang kotoran yang dikeluarkan oleh sapi atau yang kita temukan di jalan – jalan. Tetapi kotoran yang menjadi media tumbuhnya cacing – cacing. Cacing – cacing inilah yang menjadi pakan yang bergizi bagi ikan Lele.

Adapun cara pembuatannya pun sangat mudah, ikuti cara di bawah ini :

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Kotoran Sapi
  2. Probiotik Cair

Caranya, diamkan kotoran Sapi selama ±1 minggu dan yang sudah diberi probiotik cair yang dapat ditemukan di toko – toko.

Probiotik cair ini digunakan untuk mempercepat proses penimbunan daripada pembuatan pakan ini.

Fermentasi, Adonan kotoran sapi dan probiotik tadi dimasukkan ke dalam wadah yang didiamkan selama 1 hari untuk difermentasikan. Setelah 24 jam, wadah diberi lubang agar udara dapat masuk agar cacing – cacing dan mikroorganisme dapat tumbuh. Tunggu kurang lebih satu minggu, cacing – cacing akan tumbuh yang menandakan Pakan Lele ini berhasil.

  1. Ampas Tahu

pakan alternatif ikan lele Dalam usaha Budidaya lele kita juga bisa membuat ramuan pakan organik yang berbahan dasar “Ampas Tahu” dengan tujuan agar lele dapat berkembang seperti di habitat aslinya yaitu memakan makanan yang berasal dari bahan organik dan ikan Lele akan tumbuh dengan baik.

Bahan – bahan yang diperlukan juga gampang didapat dan ekonomis, diantaranya :

  1. Ampas Tahu
  2. Dedak Halus
  3. Tepung Ikan
  4. Gula Pasir
  5. Probiotik (EM4)
  6. Ragi Tempe.

Cara pembuatannya :

Seluruh bahan kemudian dicampur dan diaduk merata di dalam wadah yang dilubangi agar udara tetap dapat masuk. Simpan dan dibiarkan dalam ±5-7 hari untuk proses fermentasi. Setelah 1 minggu, Pakan Ampas Tahu dapat dikonsumsi sebagai pakan ikan Lele langsung. Pemberian pakan ini dapat dilakukan 2-3 kali atau setiap hari.

3. Daging ayam atau ikan

pakan alternatif ikan lele Ikan Lele memerlukan asupan protein yang tinggi setiap harinya, sehingga makanan pokok seperti pelet atau mikroorganisme tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Diperlukan makanan selingan atau tambahan yang bernutrisi tinggi yang walaupun tidak diberikan setiap harinya, bisa dilakukan 2-3 kali seminggu, seperti daging dan ikan.

Daging yang digunakan tidaklah harus daging yang segar, tetapi bisa juga daging yang sudah busuk atau tulang ayam yang sudah tidak dimakan lagi. Selain itu, ikan – ikan kecil atau ikan busuk yang sudah dimasak juga bisa dijadikan pakan untuk ikan Lele ini. Karena Lele merupakan hewan tergolong kalibalisme, diusahakan memberikan makanan yang sudah dimasak terlebih dahulu agar ikan tidak terbiasa untuk memakan daging mentah yang beresiko akan memakan ikan lainnya.

Baca Artikel Lain : Strategi, Pengolahan dan Pemasaran Ikan Lele

  1. Serangga

Selain makanan limbah dan daging, ikan Lele juga bisa diberikan pakan dari berbagai jenis serangga. Serangga sebagian besar memiliki kadar protein yang tinggi untuk dikonsumsi seperti serangga jenis ulat, cacing, jentik nyamuk, kutu air, belalang, dll.

Karena serangga sukar untuk didapatkan, peternak dapat mencoba mengembangbiakkannya didalam kolam seperti jentik nyamuk, dan cacing dengan melakukan pengomposan pada kolam dan memberi tumbuhan – tumbuhan hijau yang menjadi makanan dari mikroorganisme tersebut.

  1. Larva atau plankton

pakan alternatif ikan lele Larva seperti ulat dan cacing merupakan salah satu pakan alami yang dapat digunakan untuk dikonsumsi oleh ikan. Adapun plankton dapat dikembangbiakkan didalam kolam dengan menjaga kolam tetap hijau. Namun, jenis pakan ini hanya digunakan untuk ikan – ikan yang berumur 1-2 minggu. Setelah beberapa minggu, ikan akan tumbuh dan memerlukan asupan nutrisi yang lebih tinggi dan dapat diberikan beberapa jenis siput dan bekicot serta jenis pakan lainnya ke dalam kolam.

  1. Sayur – sayuran dan limbah rumah tangga

pakan alternatif ikan lele Selain memakan daging – daging dan serangga, ikan Lele juga dapat memakan berbagai jenis tumbuhan dan sayuran hijau seperti kangkung, kubis busuk, dll. Namun, jenis pakan ini tidak terlalu diminati oleh ikan karena rasa dan kandungan nutrisinya yang sedikit. Peternak dapat mencampurkannya dengan dedak dan ikan – ikan kecil sehingga meningkatkan kadar protein pakan.

Pemberian pakan yang rutin dan terjadwal akan meningkatkan potensi pertumbuhan ikan Lele menjadi lebih cepat. Pemberian pakan dapat dilakukan 3 hingga 4 kali sehari, namun harus konsisten setiap harinya. Sedikit – sedikit namun sering.

Perlu diperhatikan! bahwa pemberian pakan yang berlebihan akan mengontaminasi air kolam dan beresiko menimbulkan berbagai penyakit pada ikan.

Terdapat larangan yang perlu diperhatikan peternak ikan Lele dalam memberi pakan seperti : tidak memberi pakan saat waktu masih sangat pagi (fajar) karena beresiko menyebabkan radang insang pada ikan yang dapat memperlambat pertumbuhan, seperti halnya larangan ini :

  • Tidak memberi makan saat hujan!

Selain itu, peternak harus menjaga kondisi kolam agar tetap tenang sehingga ikan tidak mengalami setress dan hasilnya ikan akan dapat mencerna makanan dengan lancar.

Dan pemberian pakan harus dilakukan dengan menebar secara merata agar tidak terjadi perebutan makanan di satu lokasi saja. Dengan pemberian pakan rutin serta perawatan yang baik, ikan Lele akan dapat tumbuh dengan cepat dan tentu saja bernutrisi tinggi untuk dikonsumsi.

 

The post Pakan Alternatif Ikan Lele Bagi Pembudidaya Lele appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/pakan-alternatif-ikan-lele-bagi-pembudidaya-lele/feed/ 0
Budidaya Ikan Lele : Strategi, Pengolahan dan Pemasaran http://www.konstruksikolamterpal.com/budidaya-ikan-lele-strategi-pengolahan-dan-pemasaran/ http://www.konstruksikolamterpal.com/budidaya-ikan-lele-strategi-pengolahan-dan-pemasaran/#comments Thu, 01 Dec 2016 23:55:28 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75169 Budidaya Ikan Lele – Sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang berperan besar dalam peningkatan perekonomian suatu daerah. Secara geografis, Indonesia terdiri dari pulau – pulau yang dikelilingi oleh laut, sehingga sektor perikanan menjadi suatu potensi besar bagi masyarakat. Selain itu, kondisi lahan yang tepat untuk lahan pertanian, memungkinkan terbentuknya perikanan minapadi (kolam) dan tambak. […]

The post Budidaya Ikan Lele : Strategi, Pengolahan dan Pemasaran appeared first on .

]]>
Budidaya Ikan Lele – Sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang berperan besar dalam peningkatan perekonomian suatu daerah. Secara geografis, Indonesia terdiri dari pulau – pulau yang dikelilingi oleh laut, sehingga sektor perikanan menjadi suatu potensi besar bagi masyarakat. Selain itu, kondisi lahan yang tepat untuk lahan pertanian, memungkinkan terbentuknya perikanan minapadi (kolam) dan tambak.

Sumberdaya perikanan tergolong sumberdaya yang dapat diperbaharui (renewable resources), artinya jika sumberdaya ini dimanfaatkan sebagian, sisa ikan yang tertinggal mempunyai kemampuan untuk memperbaharui dirinya dengan berkembang biak. Tinggi rendahnya kemampuan berkembang biak ini akan mempengaruhi ketersediaan atau stok sumberdaya ikan.

Hal ini memberikan pedoman bahwa perkembangbiakan ikan dapat dilakukan sebagai suatu usaha dalam pengembangan sumber daya dan perekonomian masyarakat dengan memperhatikan kualitas dan perawatan. Secara umum, pengembangan sektor perikanan dibutuhkan sebagai strategi oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya yang ada.

Perikanan minapadi (kolam) dan tambak merupakan perikanan budidaya yang mengembangkan bibit dan produksi ikan dengan memanfaatkan suatu lahan atau tempat untuk menghasilkan produksi lebih besar. Dalam mengembangkan potensi perikanan suatu wilayah, pemerintah dan masyarakat mengambil tindakan pengembangan dengan langkah – langkah seperti bagan berikut :

budidaya ikan lele

BAGAIMANA MENENTUKAN LAHAN YANG TERBAIK?

Pertama, yang dilakukan adalah mencari permasalahan dan potensi perikanan menggunakan metode – metode diatas, yaitu analisis kewilayahan untuk mengetahui kontribusi wilayah dalam memproduksi ikan, neraca sumber daya untuk mengetahui ketersediaan lahan perikanan yang potensial untuk perkembangan produksi ikan dan analisis daya dukung lahan untuk mengetahui wilayah yang memiliki daya dukung lahan yang besar sehingga dapat dioptimalkan untuk produksi perikanan. Selanjutnya akan dihasilkan ide pengembangan kawasan minapolitan dan upaya pengoptimalan produksi ikan pada wilayah yang berpotensi dan memiliki daya dukung yang besar.

Dalam menentukan neraca sumber daya perikanan kolam dan tambak, dilakukan dengan teknik analisis spasial dan kuantitatif. Analisis spasial meliputi analisis kesesuaian lahan, sedangkan analisis kuantitatif mengadopsi perhitungan potensi produksi dan analisis moneter.

Kesesuaian lahan berarti kecocokan lahan dalam mendukung kegiatan manusia atau ruang yang berada di atasnya. Analisis kesesuaian lahan ini diperlukan karena lahan merupakan pokok dari berdirinya kegiatan manusia, sehingga penetapan guna lahan dan kegiatannya harus disesuaikan berdasarkan kesesuaian lahan agar tidak merugikan.

Menurut Pramudyanti dan Taofiqurahman (2010), kriteria kesesuaian lahan budidaya perikanan dapat ditinjau dari jenis kelerengan lahan dan guna lahannya (mencakup jenis tanah dan curah hujan). Secara spesifik, lahan yang cocok untuk daerah budidaya tambak dan kolam adalah lahan yang memiliki kelerengan landai atau  sekitar 0-8% dan/atau lahan pertanian basah dan kering meliputi lahan pertanian, perkebunan dan pekarangan, serta dekat dengan mata air dan daerah dekat pantai.

lahan budidaya ikan lele

Sedangkan analisis daya dukung lahan digunakan untuk menentukan wilayah yang paling cocok dalam pemanfaatannya untuk sektor perikanan dengan memanfaatkan data tingkat erosi dan genangan air untuk menentukan kerawanan wilayah dari bencana. Analisis daya dukung lahan dapat dilakukan dengan perhitungan berikut :

rumus lahan budidaya ikan

Keterangan:

DDP    : Daya Dukung Perikanan

Lpm    : Luas lahan layak untuk perikanan

JP        : jumlah penduduk

a          : Koefisien kebutuhan ruang/kapita (m2/jiwa) = 26 m2/jiwa

Setelah penentuan kecocokan lahan, langkah selanjutnya yaitu kegiatan pengembangan jumlah produksi ikan dengan melakukan pembudidayaan bibit unggulan yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Produksi perikanan kolam dan tambak yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan diantaranya Ikan Lele, Nila, Mas, Gurame, Bandeng, dan Udang.

Dalam penentuan produksi unggulan agar dapat bersaing di pasar nasional, diperlukan analisis Location Quotient (LQ) yang berfungsi untuk menentukan bibit unggulan yang cocok untuk dikembangkan di wilayah tersebut, berkualitas tinggi, dan berdaya saing dibanding wilayah lain di tingkat nasional atau lingkup yang lebih luas. Metode Analisis Location Quotient (LQ), sebagai berikut :

budidaya ikan lele

Keterangan :

QDaerah           : Produksi suatu komoditas perikanan

QKab.                   : Produksi suatu komoditas perikanan di tingkat Kabupaten

TQDaerah         : Total produksi semua komoditas yang diuji

TQKab.            : Total produksi semua komoditas yang diuji di tingkat Kabupaten

Nilai-nilai LQ tersebut dapat diinterpretasikan sebagai berikut, Jika:

LQ < 1   :  Indikasi komoditas perikanan tersebut lebih kecil dari pengusahaan rata-rata di tingkat Kab. dan bukan merupakan komoditas unggulan.

LQ = 1   :  Indikasi komoditas perikanan tersebut sama dengan pengusahaan rata-rata di tingkat Kab. dan bukan merupakan komoditas unggulan.

LQ > 1   :  Indikasi komoditas perikanan tersebut lebih besar dari pengusahaan rata-rata di tingkat Kab. dan komoditas tersebut merupakan komoditas unggulan.

ALASAN MENGAPA MEMILIH BUDIDAYA IKAN LELE?

budidaya ikan lele

Produksi Ikan Lele merupakan bibit unggulan yang sering dibudidayakan di berbagai daerah karena memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Budidaya Lele kini semakin diminati oleh masyarakat, karena merupakan bisnis menguntungkan. Budidaya Ikan Lele memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan ikan air tawar lainnya, diantaranya :

  • Lele lebih cepat besar dibandingkan ikan air tawar lainnya. Hanya dalam waktu 3 bulan, lele sudah dapat dipasarkan.
  • Pasarnya tidak pernah sepi dan harganya pun stabil
  • Dapat dikembangbiakkan dengan kepadatan tinggi dalam satu wadah, sehingga dapat menghemat tempat dengan produksi yang tinggi
  • Ikan Lele mampu hidup diberbagai kondisi air tawar dengan sumber makanan apa saja sehingga mudah dibudidayakan

Dengan bentuk pengolahan dan pembudidayaan yang mudah yang menjadi pertimbangan bahwa Ikan Lele sudah menjadi primadona bagi masyarakat.  Di Jawa Tengah, sedikitnya 3.300 pembudidaya lele yang bergabung dalam wadah koperasi kini menjadi penopang tumbuhnya perekonomian masyarakat Jawa Tengah. Dari budidaya kolam, tahun 2013 lalu provinsi Jawa Tengah menyumbang produksi ikan air tawar sebanyak 112 ribu ton.

Jawa Tengah memang dikenal sebagai penghasil lele terbesar kedua setelah Jawa Barat. Adapun sentra budidaya ikan lele di provinsi ini tersebar di beberapa kabupaten. Sentra budidaya Ikan Lele terdapat di kabupaten Demak, Banyumas, Purbalingga, Sukoharjo dan Karang Anyar serta Boyolali. Budidaya lele di Jawa Tengah sebagian besar berasal dari budidaya kolam. (Sumber : Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya).

Keunggulan lainnya dari pembudidayaan Ikan Lele adalah pengembangannya yang dapat dilakukan dimana saja tanpa mempengaruhi jenis dan kondisi tanah misalnya dengan menggunakan kolam terpal.

KEUNGGULAN MEDIA KOLAM TERPAL

pembuatan kolam terpal

Kolam Terpal merupakan metode pembudidayaan Ikan Lele dengan memanfaatkan terpal sebagai alas / dasar kolam sehingga tidak langsung menyentuh tanah. Pembudidayaan menggunakan kolam terpal ini bermanfaat:

  • Agar Ikan yang diternakkan tidak berbau lumpur. Sebagian besar ikan budidaya yang diternakkan seperti budidaya tambak dan minapadi memanfaatkan bidang tanah berlumpur untuk pengembangbiakan ikan sehingga saat panen, ikan yang banyak mengonsumsi makanan di lumpur akan berbau lumpur dan lebih amis. Diperlukan tindakan lebih untuk pengolahannya. Ikan Lele yang dikembangkan di kolam terpal tidak menyentuh tanah dan menciptakan cita rasa yang lebih enak dan tidak berbau. Tentu saja hal ini membuat kualitas dan harga jual Ikan Lele menjadi lebih tinggi di pasaran.
  • Terhindar dari kontaminasi hama dan penyakit yang berasal dari air tanah
  • Ikan akan lebih mudah dipindahkan dan bersifat fleksibel. Baik dari proses perawatan dan penangkapan akan lebih mudah.
  • Pengontrolan jumlah air dalam kolam lebih mudah, karena air kolam tidak perlu sering – sering diganti, cukup sekali hingga masa panen datang.
  • Pengembangbiakan Ikan Lele menggunakan kolam terpal tidak memerlukan spesifik luas lahan tertentu, sehingga dapat dilakukan di tempat yang kecil seperti pekarangan atau halaman belakang rumah.

Ikan Lele memiliki sekitar 50 – 60 jenis spesies yang tersebar di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, Lele Dumbo merupakan jenis Lele yang paling diminati dengan bentuknya yang besar sesuai dengan namanya, dan perawatannya yang gampang. Bibitnya sendiri mudah diperoleh dan dipasarkan dengan harga terjangkau.

PEMBERIAN PAKAN YANG BENAR

cara memberi pakan ikan leleDalam upaya pemberian pakan, peternak dapat menggunakan pakan yang berbahan dasar daging (protein hewani). Pola pemberian pakan dapat berubah- ubah dari jenis dan porsinya sesuai dengan umur ikan. Untuk bibit – bibit ikan, diberikan plankton atau kotoran sapi hingga tumbuh lebih besar. Saat mencapai umur beberapa minggu, ikan dapat diberi keong mas, bekicot, atau manggot.

Pakan pelet juga dapat diberikan namun secara selang seling karena pelet memiliki aroma berprotein yang tinggi dan cukup mahal. Keharusan untuk memberi pakan yang rutin, mengharuskan peternak untuk selalu menyimpan asupan makanan yang cukup bagi ikan tiap harinya dan tidak menguras biaya. Peternak biasanya dapat mengambil alternatif dengan memberikan makanan lain seperti daging / bangkai ayam seperti jeroan atau organ – organ dalam, atau ampas tahu/tempe yang biayanya cenderung lebih murah.

KAPANKAH WAKTU PANEN?

Waktu yang diperlukan oleh ikan untuk berkembangbiak hingga musim panen yaitu sekitar 3-4 bulan. Jadi peternak dapat memperoleh hasil panen dari budidaya ikan lele melimpah sekitar 3 kali dalam setahun. untuk memperoleh hasil panen yang maksimal dan berkualitas diperlukan langkah – langkah pembudidayaan yang tepat dimulai dari perkembangan bibit, persiapan peralatan ternak, pemberian pakan, hingga panen.

IKUTI LANGKAH BERIKUT, JIKA BERNIAT UNTUK BUDIDAYA IKAN LELE!

budiaya ikan leleLangkah awal yaitu persiapan kolam terpal yang akan digunakan untuk mengembangbiakan bibit ikan Lele. Siapkan terpal dengan ukuran yang sesuai beserta peralatan lainnya seperti papan, kayu, kerangka besi lainnya dan batu bata. Anda bisa mempersiapkan kawat, kayu, dan tali untuk menunjang pembuatan kerangka.

Kerangka kolam berbentuk persegi dengan ukuran ditentukan dengan jumlah bibit yang akan di kembangbiakan misalnya 100 bibit untuk budidaya ikan lele di kolam berukuran 1m x 1 x 1,5m. Pembersihan terpal diperlukan sebelum bibit dimasukkan. Diamkan selama 1 minggu untuk menunggu lumut dan plankton tumbuh sehingga kolam menjadi lebih hijau.

Selanjutnya yaitu pemilihan benih ikan untuk dibudidayakan. Bibit ikan tidak langsung dimasukkan ke dalam kolam, tetapi direndam di wadah lain dengan diisi dengan plankton selama 3 hari. Barulah bibit ikan dimasukkan ke dalam kolam.

Setelah berumur 20 hari hingga 1 bulan, ikan dapat dipisahkan sesuai dengan ukurannya. Pemisahan dilakukan untuk menghindari kekalahan dalam persaingan mendapatkan makanan. Pemberian pakan kemudian dilakukan sesuai dengan ukuran dan umur ikan yang dilakukan secara rutin dan berkala. Ikan Lele akan siap dipanen saat sudah berumur sekitar 3 bulan atau saat berukuran 15-20 cm.

Dalam budidaya ikan lele, air kolam perlu dilakukan penambahan dan penggantian, namun tidak terlalu sering. Air kolam akan semakin berkurang seiring waktu karena proses penguapan. Kolam dengan air hijau sangat baik bagi ikan untuk berkembangbiak. Dapat ditambahkan tumbuh – tumbuhan seperti kangkung, talas, atau eceng gondok. Adapun pakan diberikan 3 hingga 4 kali sehari, dengan nutrisi yang cukup namun tidak berlebihan. Perawatan yang mudah dan dilakukan dengan rutin hingga masa panen saat ikan mencapai usia 3 bulan untuk siap di panen.

CARA MEMASARKAN HASIL PANEN IKAN

Ikan – ikan yang dipanen dapat dipasarkan di pasar – pasar lokal atau dengan memanfaatkan sistem klaster industri budidaya perikanan. Klaster merupakan strategi pengembangan wilayah dengan memanfaatkan potensi ekonomi. Klaster adalah hubungan antar satu jenis kegiatan ekonomi, mulai dari kegiatan produksi primer, pengepul, pengolah setengah jadi atau jadi (industri menengah, besar), pedagang, dan eksportir.

Dengan memanfaatkan klaster, peternak ikan dapat meningkatkan pendapatan dengan bentuk kerja sama dengan beberapa industri makanan, pusat perdagangan, dan pusat wisata. Peternak bertindak sebagai pemasok bahan baku ikan Lele yang dapat berkembang hingga luar daerah.

Pengolahan Produksi hasil budidaya Ikan Lele dalam Agroindustri merupakan salah satu bentuk pengembangan pengolahan ikan Lele. Dengan jumlah produksi panen ikan yang melimpah bukan tidak mungkin ada komoditas yang tidak laku dipasaran dan lama – lama membusuk.

Untuk mengantisipasi hasl tersebut, peternak Ikan Lele dapat mengirimkan hasil produksi budidaya ikan lele kepada berbagai agroindustri dengan output produksi makanan jadi berupa makanan utama (lauk), ikan kaleng, ataupun makanan ringan (snack).

Bukan hanya untuk skala IRT, skala menengah, hingga besar akan menghasilkan keuntungan dan output lebih banyak dan pendistribusi lebih luas. Masyarakat juga dapat membuat usaha tersendiri seperti UMKM desa untuk membuat produk khas daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Banyaknya hasil industri pengolahan ikan ini, membuktikan produksi ikan dapat lebih dioptimalkan untuk peningkatan pendapatan. Pengolahan ikan Lele di bidang industri seperti produksi Abon Lele, bakso, ikan asap, dll.

pemasaran ikan lele

Selain pengolahan yang mudah, bahan baku dan biaya yang murah, dan keuntungan yang cukup tinggi, pengolahan ikan dalam bidang agroindustri dapat menyerap dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Peningkatan volume penjualan akan didukung dengan strategi pemasaran, seperti produksi, harga, distribusi, dan promosi.

Untuk upaya pengembangan pemasaran ini, para anggota klaster ekonomi perikanan dapat meningkatkan keuntungan produksi dengan sistem promosi, yaitu strategi pengenalan produk olahan ikan dengan memanfaatkan fasilitas serta teknologi seperti media massa, internet, sosialisasi ke UKM, kantor – kantor, dan di lokasi – lokasi wisata yang memiliki banyak pengunjung tiap harinya didukung dengan sarana hotel, restaurant, atau warung makan.

Berbagai lokasi wisata dapat menjadi lokasi strategis untuk memasarkan produk olahan ikan dan menjadi jalan tercepat untuk menarik minat pengunjung dari luar wilayah.

SUNGGUH BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN DAN SEDERHANA!

Mulai dari pembudidayaan bibit ikan yang mudah dan tidak memakan biaya banyak, harga pasaran yang relatif stabil dan cukup tinggi, membuat bisnis budidaya ikan semakin mudah untuk dimulai dan dikembangkan.

Dari segi pemasarannya juga dilihat sangat-sangat lebar untuk dimasuki, sepertihalnya pengolahannya dalam bidang industri makanan, warung-warung atau rumah makan, konsumsi rumah tangga, hingga permintaan untuk ekspor ikan dari Indonesia ke luar negeri.

Jika dimuali dengan baik dan benar, maka tidak salah jika komoditi perikanan (budidaya ikan lele) ini akan bisa menjadi penopang kehidupan ekonomi kita semua.

 

The post Budidaya Ikan Lele : Strategi, Pengolahan dan Pemasaran appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/budidaya-ikan-lele-strategi-pengolahan-dan-pemasaran/feed/ 2
Analisis Biaya dan Keuntungan Ternak Lele di Kolam Terpal http://www.konstruksikolamterpal.com/analisis-biaya-ternak-lele-di-kolam-terpal/ http://www.konstruksikolamterpal.com/analisis-biaya-ternak-lele-di-kolam-terpal/#comments Tue, 08 Nov 2016 23:51:00 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75097 Infromasi ini mengenai biaya ternak lele di kolam terpal, serta analisis usaha budidaya ternak ikan lele, berapakah keuntungan yang bisa didapatkan dan berapa lama bisa kembali modal, setelah mengeluarkan modal usaha untuk memulai ternak ikan lele yang di mulai dari awal. Perlu diketahui bahwasanya analisis ini merupakan standart yang kami terapkan pada ternak lele kami […]

The post Analisis Biaya dan Keuntungan Ternak Lele di Kolam Terpal appeared first on .

]]>
Infromasi ini mengenai biaya ternak lele di kolam terpal, serta analisis usaha budidaya ternak ikan lele, berapakah keuntungan yang bisa didapatkan dan berapa lama bisa kembali modal, setelah mengeluarkan modal usaha untuk memulai ternak ikan lele yang di mulai dari awal.

Perlu diketahui bahwasanya analisis ini merupakan standart yang kami terapkan pada ternak lele kami di kolam terpal yang sudah kami buat dan sudah berjalan rutin sehari-hari. Jadi informasi ini adalah real dari kami sebagai peternak ikan lele, sehingga anda bisa menghitung dan memperkirakan kerugian serta keuntungan jika memulai usaha ternak lele ini.

walaupun anda pemula dalam usaha ini, anda akan mudah memahami tentang biaya ternak lele di kolam terpal. Berikut detail analisis yang kami buat :

NB : Perhitungan ini berdasarkan kolam terpal yang kami buat dengan diameter 3 meter.

A. Pembuatan Kolam Terpal Bulat

Keterangan Jumlah Harga Satuan Total Biaya
Pembuatan Kolam Diameter 3 Meter 1 2.000.000 2.000.000

Perlu diketahui bahwa kolam terpal bulat dengan diameter 3 meter dengan tinggi 1 meter, mampu menampung benih ikan lele sebanyak 5.000 ekor.

B. Biaya Produksi Pembesaran Ikan Lele

Keterangan Jumlah Harga Satuan Total Biaya
Pembelian Benih Ikan Lele 5.000 Benih 100/ekor 500.000
Pemberian Pakan Ikan Lele 3 Bulan 400 Kg 9.500/Kg 3.800.000
Obat-obatan Ikan Lele 200.000
Total Biaya Produksi 4.500.000

Biaya ternak lele di kolam terpal pada tabel di atas merupakan biaya yang dikeluarkan per siklus usaha (masa panen per 2.5 Bulan), jadi dalam satu siklus dibutuhkan biaya sebesar Rp. 4.500.000

C. Perkiraan Harga Jual Panen Ikan Lele

Dalam panen ikan lele yang sudah kami terapkan ini, kami mendapatkan hasil FCR (Food Compration Ratio) sebesar 0,8 sehingga menghasilkan ikan lele seberat 7 Kwintal.

Hal ini didapatkan dengan cara perhitungan biaya pakan : (dibagi) hasil panen, atau bisa digambarkan sebagai berikut :

  • Biaya pakan (400 Kg : 500Kg) hasil panen = 0,8 FCR
  • Harga jual rata-rata di tahun 2017 Rp. 17.000 per Kg
Keterangan Jumlah Harga Satuan Total Pendapatan
Hasil Panen 500 Kg 17.000 / Kg 8.500.000

D. Keuntungan Usaha Ternak Lele di Kolam Terpal Bulat

Untuk menghitung keuntungan usaha ternak lele, kami menggunakan rumus :

  • Hasil Panen – (dikurangi) Biaya produksi

Maka dihasilkan keuntungan sebagai berikut :

  • 8.500.000 – 4.500.000 = 4.000.000

Jadi, dalam usaha ternak ikan lele di kolam terpal bulat ini didapatkan keuntungan sebesar Rp. 4.000.000 dalam sekali siklus.

E. BEP (Break Event Point) / Kapankah Balik Modalnya?

Jika dilihat dari analisis di atas, maka untuk balik modal maka akan terpenuhi dalam dua kali siklus yaitu antara 5 bulan.

Ini adalah hitungan per 1 kolam produksi, bagaimana jika anda memiliki 10-20 kolam ikan lele? Maka tentu keuntungan anda akan berlipat-lipat.

Bagaimana Langkah Memulai Usaha Budidaya Ini :

Kami sebagai pelaku usaha budidaya ikan lele akan menerangkan tahapannya, sebagai berikut :

  1. 1 Persiapkan modal awal

Modal yang diperlukan adalah untuk :

  • Pembelian bahan kolam terpal diameter 3 meter Rp. 2.000.000 (dalam hal ini kami menyediakannya lengkap)
  • Harga ini belum termasuk ongkos kirim, ongkos kirim tergantung daerahnya (Berat kubikasi sekitar 100kg)
  • Sebagai gambaran saja, ongkos kirim 1 paket kolam sekitar :
  • Rp. 300.000 – 500.000 (wilayah jawa dan bali)
  • Rp. 800.000 – 1.000.000 (wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi)
  • Rp. 1.000.000 – 1.500.000 (wilayah Indonesia Timur) 
  1. 2. Biaya Produksi

Biaya produksi sekitar 4.500.000 / kolam ikan.

Dengan rincian :

  • Benih ikan 5.000 ekor, harga Rp. 500.000 (blm ongkir)
  • Pakan, harga Rp. 9.500/kg (kami sarankan untuk pakan anda bisa mencari di daerah anda sendiri)
  • Obat-obatan sekitar Rp. 200.000 (blm ongkir)

Jadi berapa biaya yang perlu disediakan untuk memulai usaha ini?

Jadi untuk memulai usaha ini (pemula) maka anda cukup sediakan modal sekitar :

  • Rp. 6.500.000 (untuk pembelian kolam dan biaya produksi)
  • Rp. 500.000 – 1.500.000 (untuk biaya pengiriman bahan2 yang anda butuhkan)
  • Total biaya sekitar kurang lebih Rp. 8.000.000

Serius dengan bisnis ini segera hubungi kami : 0812 8832 1995

Harga kolam terpal bulat untuk budidaya lele bioflok :

Klik link samping ini => Harga Kolam BioFlok

The post Analisis Biaya dan Keuntungan Ternak Lele di Kolam Terpal appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/analisis-biaya-ternak-lele-di-kolam-terpal/feed/ 36
Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan Murah http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-membuat-probiotik-sendiri-yang-mudah-dan-murah/ http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-membuat-probiotik-sendiri-yang-mudah-dan-murah/#comments Fri, 21 Oct 2016 00:29:25 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75068 Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan Murah – Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kemajuan-kemajuan ilmu ini banyak sekali memberikan manfaat bagi masyarakt umum. Contoh kecil dari ilmu yang telah berkembang adalah Probiotik. Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang  dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada […]

The post Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan Murah appeared first on .

]]>
Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan Murah – Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kemajuan-kemajuan ilmu ini banyak sekali memberikan manfaat bagi masyarakt umum. Contoh kecil dari ilmu yang telah berkembang adalah Probiotik.

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang  dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai. (sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Probiotik)

Namun kali ini Probiotik yang akan kami bahas bukanlah probiotik yang untuk dikonsumsi manusia, melainkan bagaimana cara membuat probiotik yang bagus untuk pertambahan nutrisi ikan lele. Probiotik kini sedang marak dipraktekkan pada media kolam terpal untuk budidaya ikan, terutama ikan lele.

Untuk membuat probiotik harus melalui fermentasi terlebih dahulu, hal ini diperlukan agar ikan yang memakan pakan yang mengandung probiotik ini bisa lebih mudah untuk mencernanya dan juga lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung di pakan dan diharapkan nantinya adalah ikan akan tumbuh lebih sehat, segar, dan memiliki tubuh yang padat berisi.

Jika dengan probiotik ini akan sangat membantu perkembangan ikan lele, maka sangat dianjurkan sekali anda menggunakan probiotik ini. Sebagai gambaran yang paling mudahnya adalah seperti ini, kebanyakan peternak lele memberikan pakan ikan (tanpa probiotik) dan hasilnya adalah pakan akan banyak ditebar tetapi ikan tidak bisa mencernanya dengan sempurna sehingga hasilnya ikan akan sulit untuk tumbuh besar dan kurang efektif.

Berbeda dengan pakan yang diberi probiotik, dengan probiotik ini ikan akan lebih bernafsu untuk memakan pakan dan ikan akan mendapatkan juga suplay nutrisi dari hasil fermentasi probiotik ini dan harapannya adalah ikan bisa mencernanya dengan sempurna dan yang dihasilkan adalah ikan yang sehat tahan terhadap penyakit, memeiliki bobot yang berat dan panjang serta masa panen yang relatif lebih pendek.

Selain itu dengan pemberian probiotik ini akan bisa membuat pakan lebih hemat, alhasil para peternak bisa menghemat pakannya. Manfaat lainnya juga dari penggunaan probiotik adalah air menjadi tidak bau dan meminimalkan penggantian air secara besar-besaran.

Jika yang dihasilkan adalah air yang bagus dan tidak berbau akan lebih menguntungkan bagi peternak, mereka bisa membudidayakn ikan lele ini dipekarangan rumah mereka tanpa perlu mengganggu tetangga-tetangga sekitar rumah para peternak lele.

Menurut statistiknya pakan yang diberi probiotik dapat diserap ikan maksimal 40% dan pakan yang diberi probiotik bisa menyerap lebih besar dari 40% bahkan dengan kondisi tertentu bisa mencapai 70%, jika probiotik tadi difermentasi minimal 12 jam.

Jika tidak percaya, anda bisa mencobanya dan membuktikan sendiri, bagaimanakah keadaan ikan yang diberi pakan tanpa probiotik dan yang memakai probiotik. Anda bisa mencobanya dengan dua kolam, yang satu lele yang diberikan probiotik yang satunya lagi tanpa probiotik.

Jika dirasa anda sudah mengetahui hasil dari pakan yang diberi probiotik, dan ingin membuat probiotik sendiri bukan dari vendor perusahaan lain karena jika membuat sendiri akan lebih murah dengan kualitas yang sama. Untuk probiotik buatan pabrikan biasanya dibandrol 17 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Berikut Cara Membuat Probiotik Sendiri

Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan MurahBahan-Bahan :

  1. Sel multi mikroorganisme 100-200 cc untuk staterkit [Bisa Beli di Sini => Stater Probiotik Mikroorganisme]
  2. Dedak halus 1 – 2 kg (dikukus/direbus) setelah itu dinginkan
  3. Tetes tebu / gula merah sebanyak 1/2 – 2 liter/ kg (rebus & dinginkan)
  4. Air bersih sebanyak 20 liter
  5. Tambahkan Azzola micropilla secukupnya (blender jika ada)
  6. Buah nanas 1 buah (blender & saring kemudian ambil airnya)
  7. Temulawak (curcuma) sebanyak 1/4 kg ( blender & rebus bersama gula merah & dinginkan), Ini berguna untuk menambah nafsu makan ikan sekaligus memperkebal sistem imun tubuh ikan lele terhadap penyakit & cuaca extrim.
  8. Wadah ember kosong yang sudah dibersihkan
  9. Jurigen ukuran 30 liter

Cara Membuat Probitoiknya :

  • Semua bahan nomer 1-7 semuanya dicampurkan menjadi satu di wadah ember kosong yang sudah disiapkan kemudian aduk hingga merata.
  • Jika sudah, selanjutnya pindahkan adonan yang ada di ember ke dalam jurigen yang sudah steril dan bersih dan tutup rapat-rapat.
  • Jurigen berisi ramuan sudah siap, saatnya menyimpannya di tempat yang gelap agar fermentasi berkerja, minimal penyimpanan 7 hari.
  • Pantau terus tiap hari, jika dilihat jurigen mengembung maka buka tutupnya pelan-pelan hingga gas dan uapnya keluar lalu tutup rapat kembali.
  • Khusus bahan Azzola, jika tidak ada anda bisa menggunakan pelepah pisang atau kacang-kacangan.

Cara Membuat Probiotik Untuk Ikan Lele

Manfaat Pemberian Probiotik Sendiri :

  • Kepadatan kolam lebih tinggi (benih yang ditebar bisa lebih banyak dari biasanya)
  • Serangan penyakit yang menurun dan kematian dari bibit juga menurun (Baca Juga : (Cara Mengatasi Penyakit Ikan Lele)
  • Kualitas ikan lele lebih baik, daging tebal dan tubuhnya lebih panjang
  • Air yang tidak berbau (ramah lingkungan sekitar)
  • Bisa menghemat biaya pakan ikan

Jual Probiotik Kualitas Terbaik, Harga Murah! => KLIK => Harga Probiotik

Jika anda ingin membuat kolam ikan lele yang terbuat dari terpal dan berbentuk bulat (kolam terpal bulat) anda bisa menghubungi kami, beberapa proyek kolam tepal bulat kami berada di Magetan, Pamekasan, Gresik dan Pare Kediri.

Harga Terbaik untuk anda KLIK => Harga Kolam Terpal Bulat

The post Cara Membuat Probiotik Sendiri yang Mudah dan Murah appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-membuat-probiotik-sendiri-yang-mudah-dan-murah/feed/ 11
Cara Budidaya Ikan Belut di Kolam Terpal http://www.konstruksikolamterpal.com/budidaya-ikan-belut-di-kolam-terpal/ http://www.konstruksikolamterpal.com/budidaya-ikan-belut-di-kolam-terpal/#respond Wed, 19 Oct 2016 23:37:31 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75062 Budidaya Ikan Belut di Kolam Terpal – Ikan belut, siapa yang tidak suka ikan ini. Ikan yang terkenal licin sekali ini jika dipegang ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus juga untuk menunjang kesehatan tubuh anda, tentunya dengan cara mengkonsumsi dalam batas wajar. Diantara belut itu yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis […]

The post Cara Budidaya Ikan Belut di Kolam Terpal appeared first on .

]]>
Budidaya Ikan Belut di Kolam Terpal – Ikan belut, siapa yang tidak suka ikan ini. Ikan yang terkenal licin sekali ini jika dipegang ternyata memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus juga untuk menunjang kesehatan tubuh anda, tentunya dengan cara mengkonsumsi dalam batas wajar.

budidaya ikan belut di kolam terpal

Diantara belut itu yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis belut sawah atau Monopterus Albus. Ikan ini biasa tumbuh liar dilahan pekarangan sawah yang basah dan hampir di seluruh Indonesia bisa ditemukan ikan belut ini.

Karena kenikmatan yang begitu lezat jika dimakan dan kandungan proteinnya yang tinggi hingga menyamai daging sapi dan kambing ini menjadikan belut bernilai ekonomis yang tinggi. Tak ayal jika seporsi ikan belut bisa di jual sampai dengan harga 20.000 untuk warung sederhana di sekitar Surabaya.

Jika belut memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tentunya peluang akan semakin lebar untuk meraih untung dari ikan ini dengan cara membudidayakannya. Namun sudahkah anda tahu bagaimana cara membudidayakan ikan belut ini dengan sistem yang cukup moderen? jika belum maka simaklah terus ulasan kami kali ini.

Membudidayakan ikan belut di kolam terpal adalah teknologi yang baru-baru kali ini dikembangkan oleh para peternak ikan. Selain belut, teknologi budidaya ikan di kolam terpal juga bisa dipakai untuk ikan Lele, Gurame, Nila dan Patin. (Jual terpal kolam bulat di KonstruksiKolamTerpal.com berkualitas tinggi tidak mudah bocor)

budidaya ikan belut di kolam terpal bulat

Selain pasar lokal, belut juga dicari oleh negara-negara luar. Tak ayal jika belut sawah adalah satu dari komoditas ekspor dari Indonesia, kebutuhan luar negeri akan ikan ini banyak datang dari Negara Taiwan, Hongkong, Malaysia dan Perancis. Dan para pembudidaya ikan belut ini di Indonesia banyak di jumpai di daerah Jawa Barat dan Yogyakarta. (sumber: alwib.net)

TEMPAT YANG LAYAK UNTUK BUDIDAYA IKAN BELUT

  • Belut sawah biasanya tidak terlalu berpengaruh pada tempat dengan kata lain mudah dibudidayakan di segala tempat karena ikan ini tidak begitu terpengaruh oleh cuaca, kelembaban dan tingkat intensitas hujan.
  • Suhu yang paling bagus untuk pembudidayaan ikan belut adalah sekitar 25-31 derajat selsius.
  • Pastikan tempat anda jauh dari bahaya akan cemaran bahan kimia beracun, agar memastikan ikan anda bisa sehat jika dibudidayakan. Seperti halnya jauh dari pembuangan limbah pabrik.
  • Jika anda beternak bibit ikan lele, media air yang dipakai disarankan adalah air bersih dan untuk pembesaran anda bisa memakai jenis air biasa karena belut hidup tidak harus di air yang bersih, air yang keruh pun bisa hidup.

BUDIDAYA IKAN BELUT DI KOLAM TERPAL

Ada 5 faktor yang harus dipenuhi dalam budidaya belut di kolam terpal atau dalam kata lain, anda harus memiliki sedikitnya 5 kolam terpisah untuk memulai budidaya ikan ini.

  1. Kolam terpal untuk pemijahan ikan belut
  2. Kolam terpal untuk pendederan (benih ikan belut 1-2 cm)
  3. Kolam terpal untuk ikan belut remaja ukuran 3-5 cm
  4. Kolam terpal untuk konsumsi 1 (ukuran ikan 5-8 cm)
  5. Kolam terpal untuk konsumsi 2 (ukuran ikan 15-20 cm)

Perlu di ketahui bahwa belut mempunyai sifat karnivora, karena itu perlu agar dipisah antara yang besar dan yang kecil, antara indukan dan anakan.

Kami jual kolam terpal tarpaulin dengan lapisan karet yang kuat sehingga aman digunakan untuk budiadaya ikan belut anda.

DAYA TAMPUNG TIAP KOLAM TERPAL

  • Kolam terpal yang ditujukan untuk indukan bisa diisi 5 ekor/m2.
  • Kolam terpal selanjutnya yaitu untuk pendederan ini berkapasitas 500 ekor/m2.
  • Kolam terpal selanjutnya yaitu untuk peremajaan berkapasitas 250 ekor/m2.
  • Untuk kolam konsumsi pertama daya tampungnya 100 ekor/m2
  • Selanjutnya kolam terpal terakhir untuk ukuran konsumsi 2 yaitu berdaya tampung 50ekor/m2

PERSIAPAN SEBELUM MENEBAR BENIH

Setelah pembuatan kolam terpal sudah selesai, sekarang saatnya menyiapkan media pemeliharaan yang akan di masukkan ke dalam kolam, dengan uratan berikut :

  • Lapisan pertama membuat jerami setinggi 10 cm
  • Lapisan ke dua tambahi pupuk urea dan NPK secukupnya
  • Lapisan ke tiga, berikan lumpur sawah setinggi 5 cm
  • Lapisan ke empat, tambahi dengan pupuk kandang setinggi 5 cm
  • Lapisan ke lima, beri lumpur sawah kembali setinggi 5 cm
  • Lapisan ke enam, beri cincangan batang pisang setinggi 10 cm
  • Lapisan ke tujuh tambahi lumpur sawah sekali lagi setinggi 15 cm

media budidaya ikan belut di kolam terpal

Setelah media selesai disiapkan, barulah beri air ke dalam kolam terpal hingga volume mencapai tinggi 30-50 cm. Kemduian diamkan media tersebut yang sudah terisi air selama kurang lebih 1-2 minggu, hal ini diperlukan untuk proses fermentasi pada air. Jika semuanya sudah dianggap selesai barulah menabur benih ikan belut yang akan dikembangbiakkan.

Benih belut bisa anda beli dari pengepul ataupun anda bisa melakukan pemijahan sendiri.

Selama pemeliharaan ikan belut ini, pastikan anda mengetahui kadar pH air kolam dan suhu temperaturnya. pH air yang disarankan di sini adalah sekitar 5-7 dan memiliki suhu yang baik jika berada di 25-31 derajat celcius.

Pemberian pakan pada belut biasanya memakai pakan alami, karena belut lebih suka yang alami. karena belut termasuk ikan karnivora maka yang disukai belut adalah :

  • Caing tanah
  • Keong mas atau sawah
  • Bekicot
  • Cacing Sutera
  • Kepiting air tawar
  • Ikan-ikan kecil
  • Jasd renik / plankton

Selain itu jika ingin membuat pakan buatan maka bisa dicoba dengan membuat pasta dengan komposisi berikut :

  1. Bahan – bahan takaran jadi 1 kg pasta

– Daging (berupa ikan-ikan kecil atau keong atau bekicot) 750 gr

– Pelet ikan sebanyak 200 gr

– Tepung tapioka sebanyak 1 sendok makan (sdm) untuk setiap 1 kg pasta yang akan dibuat.

– air secukupnya

2. Cara pembuatan pakan

– Giling bahan daging hingga halus

– Lunakkan pelet dengan cara membasahinya dengan air

– Campurkan semuanya mulai dari daging gilingan dan pelet yang sudah lunak dan tepung tapiokanya, aduk hingga tercampur dengan merata

– Giling campuran daging dan pelet tadi agar lebih halus dan tercampur merata.

3. Cara penaburan pasta untuk pakan belut

– Bentuk adonan pasta seperti adonan cireng

– Taruh pada tempat seperti para-para atau tempat pakan terbuat dari jaring atau tali rafia.

– taruh wadah pakan pada aliran/ kamalir kolam belut

– Perlu diingat, pasta tidak bisa disimpan lama karena hanya bisa bertahan maksimal 12 jam penyimpanan dan di dalam lemari es.

Masa panen adalah masa yang dinanti, masa yang bagus memanen ikan belut ini adalah setelah 3 bulan proses pemlehiraan. Setelah tiga bulan ini anda bisa menjualnya dengan para tengkulak.

The post Cara Budidaya Ikan Belut di Kolam Terpal appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/budidaya-ikan-belut-di-kolam-terpal/feed/ 0
Cara Mengatasi Penyakit Ikan Lele Pada Kolam Terpal http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-mengatasi-penyakit-ikan-lele-kolam-terpal/ http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-mengatasi-penyakit-ikan-lele-kolam-terpal/#comments Tue, 11 Oct 2016 03:00:34 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75056 Budidaya ikan lele adalah bisnis yang sangat menguntungkan jika anda mau menekuninya dengan serius, karena dilapangan pasti terdapat rintangan atau masalah-masalah yang muncul entah itu penyakit atau karena kondisi cuaca dan sebagainya. Perlu ketelitian dan pengalaman akan ilmu pengetahuan untuk merawat makhluk hidup yang memiliki moncong dan patil ini. Seperti halnya penyakit yang seringkali didapati […]

The post Cara Mengatasi Penyakit Ikan Lele Pada Kolam Terpal appeared first on .

]]>
Budidaya ikan lele adalah bisnis yang sangat menguntungkan jika anda mau menekuninya dengan serius, karena dilapangan pasti terdapat rintangan atau masalah-masalah yang muncul entah itu penyakit atau karena kondisi cuaca dan sebagainya.

Perlu ketelitian dan pengalaman akan ilmu pengetahuan untuk merawat makhluk hidup yang memiliki moncong dan patil ini. Seperti halnya penyakit yang seringkali didapati pada para peternak ikan lele, pastilah dari sini ada kesalahan sehingga lele terkena penyakit.

Butuh tindakan-tindakan khusus agar keberlangsungan kehidupan ikan lele bertahan hingga masa panen datang. Dan bisnis berjalan lancar pakan ikan pun terbayarkan. Baca juga : (Cara Memberi Pakan Lele yang Benar)

Cara mengetahui penyakit apa yang terserang pada ikan lele membutuhkan ketelitian terutama pada tanda-tandanya. Jika anda sudah merasa yakin akan jenis penyakitnya barulah anda bisa melakukan proses pengobatan pada ikan lele yang terserang penyakit.

Nah, bagi anda pembudidaya ikan lele yang mungkin pernah mengalami ini atau yang sekarang ini ikannya sedang terkena penyakit, mari simak ulasan berikut, insyaAllah bermanfaat.

Jenis Penyakit Ikan Lele yang Sering Terjadi

  • Penyakit Jamur Pada Ikan Lele

Umumnya terjadi pada budidaya ikan lele atau ikan air tawar pada kolam terpal yang menggunakan sistem organik. Penyakit jamur ini tandanya tidak menyerang pada lele yang sehat melainkan yang diserang adalah ikan lele yang dalam keadaan lemah dan lemas atau sakit.

Ciri-cirinya ditandai dengan adanya serabut-serabut putih yang ada di bagian tubuh ikan lele yang terserang (luka). Dan penyakit ini umum ditemukan pada jenis ikan tawar.

Cara mengatasi penyakit jamur ikan lele ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu cukup dengan menyediakan bahan-bahan berikut ini :

  1. Bahan garam dapur (takarannya 1Kg untuk kolam dg luas 25 m2)
  2. Sediakan 5 liter air bersih
  3. 1 botol cuka sedang
  4. 1 buah tempat untuk mencampur

Cara membuat obatnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan tersebut hingga larut secara merata, jika terlihat sudah siap obat bisa ditebar pada kolam ikan lele terpal / organic anda. Ramuan ini juga bisa digunakan pada ikan tawar yang lainnya.

  • Penyakit Bintik-Bintik Putih Lele

Penyakit ini bisa disebut juga (Ichthyphthirius multifiliis) yang merupakan jenis penyakit yang sering dijumpai juga pada ikan tawar. Seperti namanya, cirri-ciri ikan lele yang terserang penyakit ini yaitu terdapat bintik-bintik putih pada tubuh ikan lele maupun insang.

Jenis penyakit ini seringkali disebabkan oleh kualitas air yang ada pada kolam sangatlah jelek dan penyebabnya adalah bakteri protozoa Ichthyphthirius.

Jika sudah terjadi seperti ini maka cepatlah lakukan untuk menganti air kolam dengan air yang terbaru dengan kualitas yang memenuhi standart awal, dan jika sudah selesai menguraskan baru dilakukan pengobatan dengan menebarkan garam dapur 1 Kg untuk luas 25 m2.

  • Penyakit Cacar Pada Ikan Lele

Penyakit cacar ini ditandai dengan adanya bercak-bercak merah karena selaput lendirnya yang terkelupas dan jika lama kelamaan kulit ikan akan melepuh. Dan penyebab penyakit ini adalah bakteri Aeromonas dan Pseudomonas.

Hal faktor utama dari kesuksesan budidaya ikan lele adalah pada kualitas air, jika air terasa berbau busuk dan terlihat jelek maka segera ganti airnya.

Cara mengatasi penyakit cacar ikan lele ini yaitu dengan menumbuk 10 lembar daun papaya dan garam 1 Kg dilarutkan dalam air 5 liter (dosisi untuk luas kolam 25 m2), lalu tebarkan secara merata pada kolam.

  • Penyakit Cacing Pipih

Penyakit cacing pipih ini memiliki ciri-ciri menurunnya selera makan serta ikan sering muncul ke permukaan kolam. Penyakit ini merusak insang dan kulit ikan yang mengakibatkan pernapasan ikan menjadi terganggu, keluarnya lendir, warna ikan jelek ata pucat dan sirip yang menguncup.

Cara mengobati penyakit pada ikan yang terkena cacing pipih ini dengan cara mengganti air dalam jumlah besar lalu menebarkan garam halus ke kolam. Atau bisa juga merendam ikan yang sakit dengan larutan kalium permanganate (PK) konsentrasi 0,01% selama 30 menit.

  • Penyakit Parasit

Penyakit ini menyerang insang ikan air tawar, cirri-cirinya ikan sering berputar-putar dan juga menggantung pada permukaan air. Cara mengatasi penyakit ikan ini dengan merendam ikan di larutan formalin konsentrasi 15 – 20 ppm.

Masalah yang terjadi ini adalah hal yang lumrah dan biasa, tidaklah perlu panik jika tenak lele anda terserang penyakit, lakukanlah langkah-langkah yang pasti untuk mengobati ikan lele anda dengan apa yang sudah kami tuliskan.

Dan yang terpenting adalah berharap kepada Tuhan agar dilancarkan semuanya agar terlepas dari masalah penyakit ini.

Itulah tulisan kami tentang cara mengatasi penyakit ikan lele pada kolam terpal.

 

The post Cara Mengatasi Penyakit Ikan Lele Pada Kolam Terpal appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-mengatasi-penyakit-ikan-lele-kolam-terpal/feed/ 2
Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal Serta Manfaatnya http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-membuat-saluran-pembuangan-kolam-terpal-serta-manfaatnya/ http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-membuat-saluran-pembuangan-kolam-terpal-serta-manfaatnya/#respond Mon, 10 Oct 2016 12:17:56 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75050 Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal – Saluran pembuangan pada kolam terpal sangat dibutuhkan, hal ini perlukan untuk memudahkan pengurasan air jika air sudah telihat jelek dan diganti dengan air yang baru dengan kualitas yang baik. Pada kolam terpal, proses budidaya ikan pada media ini sudah diwajibkan memakai teknologi, artinya anda tidak terlalu susah untuk […]

The post Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal Serta Manfaatnya appeared first on .

]]>
Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal – Saluran pembuangan pada kolam terpal sangat dibutuhkan, hal ini perlukan untuk memudahkan pengurasan air jika air sudah telihat jelek dan diganti dengan air yang baru dengan kualitas yang baik.

Pada kolam terpal, proses budidaya ikan pada media ini sudah diwajibkan memakai teknologi, artinya anda tidak terlalu susah untuk memanagement ikan, cukup dengan tega yang tidak terlalu ekstra anda bisa memulai usaha ini.

Biasanya pada ikan lele, dipakai pada konstruksi kolam bulat. Kolam bulat ini sangant menguntungkan jika digunakan untuk budidaya ikan lele, tebaran ikan lele pada kolam bulat bisa lebih banyak dan menggunakan sistem yang lebih moderen dibandingkan dengan kolam biasa.

Video Tutorial Cara Membuat Saluran Pembuangan Pada Kolam Terpal

Selain itu hasil dari pembuangan air limbanya ternyata memiliki manfaat khusus, yakni sebagai pupuk organik cair yang berfungsi untuk pertanian.

Banyak dari kalangan petani maupun individu sudah melakukan uji coba dari air limbah ini dijadikan pupuk, haslilnya sangat memuaskan. Tanaman menjadi lebih sehat, daun lebar, dan buahnya yang lebat.

Manfaat Air Pembuangan Limbah Budidaya Ikan Lele

Jika anda tidak mengetahui manfaat air limbah dari hasil budidaya ikan lele anda sangatlah rugi, sebenarnya dari air limbah ini terdapat manfaat yang bisa diberikan bahkan diaur ulang lagi menjadi produk yang bermutu tinggi.

manfaat-air-limbah-budidaya-ikan-lele

Ya, sebagai pupuk organik cair. Hasil limbah air dari budidaya ikan lele ini ternyata bermanfaat sekali untuk pengairan pada tanaman, dan jika diolah lebih baik lagi bisa digunakan sebagai pupuk organik yang cair.

Tanah yang sebelumnya sulit ditanami dan selalu menghasilkan panen yang jelek, kini bisa menjadi subur tanaman akan tumbuh dengan cepat, memiliki daun yang lebat, berbunga dan memiliki buah yang segar dan besar.

Seperti halnya pengalaman yang ditulis oleh penulis di Ternakpedia(dot)com ;

Keadaan tanah dirumah saya sesungguhnya tidaklah terlalu subur, lantaran tempat tempat tinggal saya yaitu tanah sisa kebun tebu.

Menurut cerita masyarakat sekitaran tempat tinggal saya, kalau untuk meningkatkan perkembangan tebu itu membutuhkan pupuk kimia buatan pabrik, serta sistem pemupukan ini berjalan selama bertahun-tahun, hingga sekarang ini tanah itu tak ditanami tebu lagi, unsur hara yang ada didalam tanah nampaknya telah habis.

Untuk mengembalikan keadaan tanah itu bisa ditanami tebu lagi, butuh dilaksanakan pemupukan, cuma saja saya takut bila mesti memakai pupuk kimia, lantaran tahu efek dari pemakaian bahan kimia.

Lagipula hasil dari kebun saya, tak di jual namun untuk dikonsumsi sendiri, oleh karena itu saya pelihara lele untuk digunakan air bekas kolamnya, saya memakainya sebagai pupuk organik agar tanah kembali bisa ditanami tebu.

Selain itu juga dia menuturkan, bahwa selain tebu, ia juga mencoba limbah air dari budidaya ikan lele ini digunakan untuk pisang kepok merah miliknya.

Pisang yang saya tanam ini sebelumnya tidak terlalu berhasil tumbuhan pisang ini sulit untuk berbuah, berbagai saran dilontarkan oleh tentangga agar diberi pupuk kimia.

Namun ia tidak setuju dengan sarang yang diberikan, ia akhirnya memutuskan untuk mencoba dengan meberikan air limbah bekas budidaya ikan lele untuk dijadikan pupuk organiknya, dan hasilnya sangat memuaskan.

Terbukti dalam beberapa waktu hasilnya sudah mulai tampak berbeda dengan sebelum diberi pupuk dari limbah budidaya ikan lele ini, buah pisang tumbuh dengan lebat artinya jumlahnya meningkat dari produksi sebelumnya. Dan batang pisangnya pun menjadi lebih banyak setelah diberi air limbah ini.

air limbah hasil budidaya ikan lele untuk tanaman pisang

Dan dari pengamatannya, area tanah yang diberi dengan air limbah budidaya ini memiliki daun yang lebih lebar dan batang yang lebih besar dibandingkan dengan tanah yang tidak diberi air limbah.

Nah, sekarang sudah tahukan manfaat air limbah  lele ini, kalau sudah tahu janganlah disia-siakan ilmu pengetahuan ini.

Dan dengan perumpamaan ini terbuktilah Tuhan memang Maha Besar tiada yang tidak berguna apa yang sudah diciptakanNya, semua memiliki manfaat seperti halnya air limbah ini, jika dilihat kasat mata sepertinya tidak memiliki manfaat tetapi ternyata masih bernilai tinggi untuk tanaman.

Jika, anda memiliki pertanian dilahan sekitar budidaya ikan lele anda alangkah baiknya jika hasil limbah ini disalurkan untuk pengairan tanaman, untuk itu anda juga perlu membuat saluran pembuangan kolam terpal yang mengarah pada lahan pertanian anda, agar air limbah ini tidaklah sia-sia. Pada website ini juga menjual kolam terpal yang bisa digunakan untuk media budidaya kolam lele yang hemat dikantong dan hasil bisa lebih maksimal.

Seperti juga tumbuhan Yakon / Daun Yakon, yang mana tumbuhan ini seperti bunga matahari asli dari negara Peru dan sangat bernilai ekonomis yang tinggi, baik daunnya maupun umbi dari pohon Yakon. Tumbuhan ini tumbuh di dataran yang tinggi / pegunungan di atas 1000 MDPL  yang memiliki manfaat untuk menetralisir kadar gula darah manusia. Kedepannya kami mungkin akan mengaplikasikan limbah dari ikan lele ini untuk kami uji coba pada budidaya Daun Yakon, semoga hal ini cepat untuk terealisasikan.Daun Yakon

Gambar Pohon Yakon + Umbi Yakon, Semoga hasilnya bagus dan lancar.

The post Cara Membuat Saluran Pembuangan Kolam Terpal Serta Manfaatnya appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/cara-membuat-saluran-pembuangan-kolam-terpal-serta-manfaatnya/feed/ 0
Beginilah Cara Memberi Pakan Ikan Lele yang Baik http://www.konstruksikolamterpal.com/beginilah-cara-memberi-pakan-ikan-lele-yang-baik/ http://www.konstruksikolamterpal.com/beginilah-cara-memberi-pakan-ikan-lele-yang-baik/#comments Sun, 09 Oct 2016 11:47:29 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75043 Cara Memberi Pakan Ikan Lele – Sebagai petani ikan lele, hasil yang bagus dan panen yang merata adalah impian bagi seluruh para petani ikan lele. Jika hasilnya kurang memuaskan tentunya hal ini akan menjadikan kerugian bagi para petani. Oleh karena itu dibutuhkan trik-trik khusus agar hasil panen ikan lele nantinya bisa lebih meningkat dari pada periode […]

The post Beginilah Cara Memberi Pakan Ikan Lele yang Baik appeared first on .

]]>
Cara Memberi Pakan Ikan Lele – Sebagai petani ikan lele, hasil yang bagus dan panen yang merata adalah impian bagi seluruh para petani ikan lele. Jika hasilnya kurang memuaskan tentunya hal ini akan menjadikan kerugian bagi para petani.

Oleh karena itu dibutuhkan trik-trik khusus agar hasil panen ikan lele nantinya bisa lebih meningkat dari pada periode yang sebelumnya, terlebih pada cara memberi pakan lele yang baik dan benar.

Untuk menghasilkan panen yang baik tentunya peran pakan ikan lele menjadi hal yang harus diperhatikan secara detail, selain dari kadar pH air, sistem airrator yang dibutuhkan pada budidaya  lele kolam terpal bulat.

Pemberian makan yang baik tentunya akan sangat mendukung untuk produktivitas perkembangan ikan lele, bayangkan jika pemberian makan ini sering terganggu dan telat, tentunya ikan bisa mati, atau ikan lele saling memangsa satu sama lain.

Bahkan dengan makanan yang buruk yang diberikan bisa-bisa ikan itu mati sendiri diakibatkan oleh pakannya yang sulit dicerna dan menjadi racun yang mematikan pada lele.

Maka dari itu mari kita bahas secara ringkas dan singkat melalui tulisan sederhana ini, bagaimana sih cara memberikan pakan yang baik dan benar pada pembudidayaan ikan lele ini, yuk kita simak pembahsannya.

4 Cara Memberi Pakan Ikan Lele

  • 1. Atur Jadwal Waktu Pemberian Pakan Ikan Lele

waktu memberikan pakan ikan leleMengatur ritme pemberian pakan adalah solusi terbaik untuk memanagement petugas pakan untuk bekerja kapan memberi makan ikan dan kapan saatnya mengerjakan tugas yang lainnya.

Dalam pengaturan jadwal ini, anda bisa memberikan pakan ikan lele sehari dua kali ataupun tiga kali, jika dilakukan 3x dalam sehari, hendaknya dibagi pada waktu : pagi, siang dan malam hari.

Pada pengelaman banyak para petani ikan lele, jangan terlalu pagi memberikan ikan lele, karena kebanyakan ikan lele tidak bernafsu makan pada pagi yang terlalu pagi.

karena secara penelitiannya pada pagi hari permukaan air kolam masih tercemar oleh zat-zat yang dibawa oleh udara dan ini merugikan untuk ikan, sehingga jika pemberian makan ini terlalu pagi akan bisa memberikan racun kepada ikan. Hasilnya ikan akan banyak yang mati.

Standartnya memberikan ikan ketika pagi yaitu pada jam 9, pada jam ini air sudah menjadi netral kembali dan bagus untuk pemberian pakan ikan.

Jika masuk siang hari, anda bisa memberikan pakan pada rentang waktu jam 1 hingga jam 2 siang. Dan pada malam hari anda bisa memberikan pakan pada ikan lele pada jam 8 sampai jam 9 malam.

  • 2. Persiapan Pemberian Pakan Pada Ikan Lele

persiapan pemberian pakan ikan leleJika anda sudah mempunyai standart penjadwalan pakan lele, berikutnya kami jelaskan bagaimana persiapan sebelum menebarkan pakan lele ini.

Tahap awal, anda harus mengetahui ukuran ikan lele anda, hal ini diperlukan untuk menyesuaikan pelet yang harus diberikan.

Bedakan pelet untuk ikan yang masih kecil dan besar, sesuaikan ukurannya dan gantilah pelet menjadi yang lebih besar ketika lele sudah berkembang besar juga.

Hal ini dikhawatirkan jika lele diberikan pakan pelet yang terlalu besar, akan menyulitkan ikan untuk memakan pelet itu sehingga ikan akan tetap kelaparan.

Basahi Pakan Pelet

Membasahai ikan pelet berguna agar pelet menjadi mengembang, hal ini diperlukan karena sifat lele itu rakus akan makan, jika pelet yang diberikan dalam kondisi kering akan lebih banyak memakan pelet dan pada perut ikan, pelet akan menjadi mengembang, sehingga ikan lele akan menjadi sesak dan sulit untuk bergerak aktif.

Ikan yang kekenyangan salah satu tandanya adalah dia akan menggantung diam dalam posisi miring di bawah permukaan air.

Lakukan pembasahan pelet ini dengan cara menebarkan air secara merata pada pelet dan diamkan beberapa menit hingga pelet menjadi mengembang. Hal ini tidak berlaku pada pakan pelet tenggelam.

Tambahkan Probiotik

Setelah membasahi pelet ikan dengan air selama beberapa menit, alangkah baiknya anda menambahkan probiotik. Probiotik ini bisa anda dapatkan di toko-toko peternakan ikan.

Jika anda menambahkan probiotik anda akan mendapatkan keuntungan ikan anda akan menjadi lebih sehat karena diberi asupan vitamin dan menjaga dari kualitas air dan juga menguraikan sisa-sisa kotoran organik sehingga tidak mengganggu kesehatan dari ikan lele.

Tentang probiotik ini anda juga bisa membaca tentang : Budidaya ikan lele sistem bioflok

  • 3. Cara Menebar Pakan yang Baik

cara menebar pakan ikan lele yang benarCara menebar pakan yang baik adalah dengan cara membagi 3 bagian sudut pada kolam, contohnya ; pada sisi kanan kolam, sisi kiri kolam dan sisi tengah kolam. Hal ini diperlukan agar pemberian pakan lebih merata pada ikan lele.

Pada tahap awal, tebarkan pada sisi kanan sampai pelet habis, setelah habis pindah pada sisi kiri, setelah sisi kiri juga habis pindah di sisi tengah. Sebarkan pelet hingga kenyang. Tanda dari ikan yang sudah kenyang adalah adanya pelet yang mengambang dan tidak dimakan oleh ikan.

Jika anda menggunakan pelet tenggelam, cara menebarkannya yaitu dengan cara perlahan-lahan pada satu titik, sebab ikan lele termasuk jenis ikan yang mengejar pakan yang bergerak. Jadi hal ini diperlukan karena ditakutkan pelet terlanjur tenggelam dan tidak dimakan oleh ikan, berikan pakan hingga respon ikan sudah menurun akan memakan pelet.

  • 4. Hindari Pakan Tambahan Mentah

Jika anda memberikan pakan tambahan hendaknya menghindari pada makanan yang mentah, contohnya ayam mentah, bekicot, keong mas, dll.

Hendaknya anda merebusnya terlebih dahulu, hal ini diperlukan agar sifat dari kanibalisme ikan lele tidak muncul dan juga hal ini berfungsi untuk membunuh kuman-kuman yang terdapat pada daging mentah tersebut agar tidak menjadi penyakit pada ikan lele.

The post Beginilah Cara Memberi Pakan Ikan Lele yang Baik appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/beginilah-cara-memberi-pakan-ikan-lele-yang-baik/feed/ 2
Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele http://www.konstruksikolamterpal.com/jual-kolam-terpal-kuat-untuk-ikan-lele/ http://www.konstruksikolamterpal.com/jual-kolam-terpal-kuat-untuk-ikan-lele/#respond Tue, 13 Sep 2016 09:42:41 +0000 http://www.konstruksikolamterpal.com/?p=75021 Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele – Kolam terpal begitulah sebutannya, penjual kolam terpal ini tidak mudah ditemukan, karena terpal ini biasa digunakan untuk membuat kolam yang dijadikan untuk budidaya ikan dan yang paling banyak ikan yang dibudayakan dengan metode ini adalah jenis ikan lele sedangkan toko biasa tidak menydiakan jenis terpal ini. Ada beberapa macam terpal yang […]

The post Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele appeared first on .

]]>
Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele – Kolam terpal begitulah sebutannya, penjual kolam terpal ini tidak mudah ditemukan, karena terpal ini biasa digunakan untuk membuat kolam yang dijadikan untuk budidaya ikan dan yang paling banyak ikan yang dibudayakan dengan metode ini adalah jenis ikan lele sedangkan toko biasa tidak menydiakan jenis terpal ini.

Ada beberapa macam terpal yang beredar dipasaran, namun untuk jenis terpal yang biasa dipakai untuk kolam membutuhkan spesifikasi khusus, khususnya pada lapisannya, dimana terpal yang mau digunakan untuk kolam harus memiliki ketebalan khusus dan dilapisi oleh lapisan karet, hal ini diperlukan karena terpal biasa tidak akan mampu menahan beban air serta ikan dan untuk ketahanan terpal itu sendiri membutuhkan ketebalan yang cukup agar tidak mudah bocor.

Terpal biasanya dijual dibeberapa tempat seperti toko-toko plastik, namun kebanyakan mereka hanya menjual terpal biasa dan tidak cocok digunakan untuk kolam terpal, karena jenis terpal ini tidak disemua tempat disediakan.

Jika anda memang membutuhkan terpal jenis ini, yakni untuk budidaya ikan lele dan untuk mempermudah mendapatkan kolam terpal ini kami sudah menyediakannya atau kami jual kolam terpal ini untuk budidaya ikan lele anda.

Jual Kolam Terpal Lele Bulat

Berikut hasil pengerjaan dan bahan terpal yang kami pakai untuk kolam ikan lele, beberapa peternak lele sudah mempercayai kami untuk mengerjakan konstruksi kolam terpal ikan lele, namun bagi anda yang hanya ingin membeli bahannya saja kami tetap akan melayaninya. Berikut beberapa hasil karya kolam terpal kami :

 

jual-kolam-terpal-untuk-lelekolam-terpal-lele jual-terpal-untuk-lele jual-terpal-lele jual-kolam-terpal jual-kolam-terpal-lele-1

jual kolam terpal bulat

Gambar di atas merupakan sebagian dari proses pengerjaan konstruksi kolam terpal untuk budidaya ikan lele di berbagai daerah yang meliputi : Gresik, Magetan, Pamekasan, Pare Kediri, dll. (Baca artikel kami : Kerjasama Konstruksi Kolam Terpal Bulat)

Untuk workshop kami sendiri berada di daerah Manyar Gresik Jawa Timur, di workshop kami terdapat sekitar 25 kolam terpal untuk ikan lele, dari usahanya yang mulanya kecil kini menjadi cukup berkembang, berkat kepercayaan para mitra baik sesama petani ikan, supplier, kontraktor, bahkan tengkulak yang biasa ambil ikan di tempat kami.

Dari kiprah kami ini, kami ingin sekali memberikan ilmu pengetahuan yang kami punyai kepada anda yang sama-sama berminat untuk membudidayakan ikan lele, karena pasar dari ikan ini sendiri pun sebenarnya masih besar bahkan tiap tahun produksi terus meningkat dan pasarnyapun dibutuhkan dalam hingga luar negeri. Untuk itu dari kesempatan emas dan besar ini kami berharap kita bisa bekerjasama dengan baik.

Kembali ke terpal kolam lagi, terpal yang kami biasa pakai dan yang kami rekomendasikan adalah terpal yang memiliki lapisan karet khusus dan dengan ketebalan yang cukup, sehingga pemakaiannya awet dan tahan lama tidak mudah lapuk karena diisi air terus menerus, tentunya kami lebih memprioritaskan pada kualitas bahan yang dipakai karena untuk budidaya sendiri membutuhkan jangka panjang bukan jangka pendek dan itu sesuai dengan harganya dan harga dari kami pun sangatlah bersaing. Kami menjual kolam terpal baik eceran maupun jumlah banyak, kami akan melayani.

Berapakah Harga Terpal Untuk Kolam Lele Ini ?

Berikut harga kolam terpal beserta alat pendukung lainnya :

 

Anda bisa memilih diantara dua paket tersebut, ataupun jika anda ingin membeli terpal saja berikut haraganya :

  • Terpal bulat diameter 2 m , tinggi 1,5 meter Rp. 650.000
  • Terpal bulat diameter 3 m , tinggi 1,5 meter Rp. 850.000
  • Terpal bulat diameter 4 m, tinggi 1,5 meter Rp. 1.200.000

Berat tiap-tiap terpal/satuannya adalah :

  • Berat terpal dg diameter 2m = 9kg
  • Berat terpal dg diameter 3m = 12kg
  • Berat terpal dg diameter 4m = 15kg

Dapatkan penawaran harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak!

Tertarik dengan produk kami, anda bisa memesannya dg menghubungi kami di : 0853 3024 9908

Atau anda bisa mengisi form dibawah ini, untuk order kolam terpal kami :

[contact-form-7]

The post Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele appeared first on .

]]>
http://www.konstruksikolamterpal.com/jual-kolam-terpal-kuat-untuk-ikan-lele/feed/ 0